Minggu, 22 Januari 2012

The Indian Remote Sensing (IRS)


Sistem satelit The Indian Remore Sensing (IRS) dibangun pada tahun 1980 untuk menyediakan informasi manajemen sumbedaya alam yang berharga. Setelah sukses meluncurkan Satelit IRS 1A dan 1B, IRS 1C diluncurkan pada 1995 dan IRS 1D pada 1997 oleh Pemerintah India. Citra Pankromatik resolusi 5- meter yang dikumpulkan oleh IRS-1C dan ID merupakan citra yang sesuai/ideal untuk perencanaan perkotaan, manajemen bencana, pemetaan dan berbagai aplikasi yang membutuhkan kombinasi unik pada citra resolusi tinngi, revisit frekuensi (resolusi temporal) yang tinggi dan cakupan rea yang luas. Satelit ini memiliki kemampuan stereo imaging, kemampuan gain dan cross-track imaging yang dapat diatur .

Sistem IRS telah muncul sebagai salah satu program yang paling bergengsi pada industri citra komersial. Fokus program IRS adalah untuk mengembangkan teknologi ruang angkasa dan aplikasinya dalam mendukung pembangunan nasional. Dengan penekanan pada peningkatan sumberdaya, IRS sangat penting untuk memonitor keberadaan sumberdaya untuk pemanfaatan yang optimal. Manajemen sumberdaya telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dengan pembangunan industri yang meningkat dan pertumbuhan populasi.

Untuk menjaga kepentingan-kepentingan di atas, Departemen Angkasa Luar Pemerintah India (the Government of India Department of Space/DOS) telah memulai program IRS pada 1998 dengan peluncuran IRS 1A diikuti oleh seri-seri satelit; 1B, 1C, 1D, P2, P3 dan yang terkini adalah RESOURCESTAT-1 (P6). Data dari satelit tersebut telah membantu pada bidang seperti Misi Terpadu untuk Pembangunan Berkelanjutan (Integrated Mission for Sustainable Development /IMSD), Estimasi Luas da dan Produksi Tanaman Nasioanal (National Level Crop Acreage and Production Estimation /CAPE), inventarisasi lahan kritis, longsor, zoning and pemetaan hutan.

Sejak tahun 1994, Space Iamging telah bermitra dengan Antrix Corporation Limited, sebuah divisi pada the Indian Space Research Organization (ISRO), untuk memasarkan dan mendistribusikan secara ekslusif produks-produk satelit IRS dan stasiun bumi (ground stations) di luar India. Space Imaging dan Antrix telah melakukan persetujuan untuk meningkatkan kerjasama sampai 2010 dan bekerja mengkomersialkan produk-produk citra IRS dan grund stations baik di dalam maupun di luar India.

Space imaging telah mengembangkan secara ekstensif, jaringan pemerintah seluruh dunia dan ground stations regional komersial yang mempunyai kemampuan untuk akses, download, proses dan distribusi data IKONOS dan produk-produknya. Melalui kerjasama dengan Amtrix dan Pemerintah India, Space Imaging juga telah mendirikan lebih dari 14 IRS International ground statoins di seluruh dunia dan saat ini menawarkan opsi untuk download RESOURCESTAT-1 melalui upgrade atau multi-source ground stations.

India berupaya keras dalam penginderaan jauh dan mempunyai banyak misi operasional dan misi pengembangan. Program Observasi bumu terpenting adalah Indian Remote Sensing (IRS) Programme. Diluncurkan pada 1995 dan 1997, dua satelit identik, IRS-1C dan IRS-1D membawa 3 sensor Wide Field Sensor (WiFS) didesain untuk pemetaan vegetasi regional, Linear Self-Scanning Sensor 3 (LISS-3) dimana menghasilkan data multispektral pada 4 band dengan resolusi spasial 24 m dan pankrokromatik.

Tabel 6. Karakteristik IRS-1D PAN

Sistem
IRS – 1D
Orbit


Sensor

Swath Width

Off-track viewing

Revisit Time

Band-band Spektral (µm)

Ukuran Piksel Lapangan (Resolusi spasial)

Arsip data

817 km, 98.6o, sun-synchronous, 10:30 AM
crossing, rotasi 24 hari (repeat cycle)

PAN (Panchromatic Sensor)

70 km

Tersedia ± 26o across-track

5 hari

0.50-075

6 m



Pada subseksi ini, telah tersedia karakteristik PAN sensor. Dalam beberapa tahu, sampai peluncuran IKONOS pada September 1999, IRS-1C dan 1D adalah satelit sipil dengan resolusi spasial tertinggi. Aplikasi IRS sama dengan aplikasi dalam SPOT dan Landsat.

Citra IRS PAN Resolusi 5.8m lokasi di atas Benghazi Airport, Libya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar