Sabtu, 21 Januari 2012

Transformasi Koordinat dan Datum

Tata cara "mengubah" nilai koordinat tertentu, yaitu, posisi x, y, dari satu sistem koordinat ke koordinat yang lain menggunakan satu set algoritma dan rumus ini dikenal sebagai koordinat transformasi (atau konversi). Ketika kedua sistem koordinat didasarkan pada datum geodetik yang sama transformasi ini adalah tepat karena menggunakan hubungan perhitungan matematika. Ini kadang-kadang tidak terjadi ketika transformasi berhubungan dengan berbagai geodetik datums - karena berbagai datum penyesuaian, tterdapat kesalahan dan distorsi, dan model matematis yang berbeda yang digunakan.

Di sini, sebuah transformasi datum diperlukan, yang membawa ke perhitungan translasi ellipsoid (atau geoid), antar-mediasi konversi koordinat, teknik perhitungan sebaliknya - hanya untuk beberapa hal (dalam banyak kasus, transformasi ke datum geodetic yang paling sering digunakan - seperti WGS84 -dilakukan). Sebuah diagram blok ini digambarkan dalam Gambar 3, di mana sisi kiri menggambarkan transformasi yang tepat dan berkoordinasi langsung, sementara sisi kanan menggambarkan sistem koordinat lain yang memerlukan di tambahan penggunaan datum transformasi, sehingga memberikan ketidakpastian dan ambiguitas pada proses. 

Transformasi koordinat dan datum dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai metode. Beberapa dukungan metode ini sangat akurat dan sesuai dengan pekerjaan survey, dan lain-lain adalah kira-kira memadai untuk pemetaan dan keperluan lainnya. Biasanya, data koordinat dikonversi persis melalui serangkaian rumus matematika, yang berasal dari geodetik datum yang spesifik dan proyeksi yang digunakan. Prosedur ini kebanyakan memakan waktu dan melibatkan massa rumus matematika dan pertimbangan yang prioritas.

Mengkoordinasikan dan transformasi datum diagram blok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar